Kamis, 05 Agustus 2010

Tips: Merawat cat mobil

Saya adalah seorang penggemar mobil dan sebagai penggemar mobil mata saya sering 'terganggu' jika melihat mobil-mobil yang masih tergolong baru namun kondisi catnya sudah buram atau berjamur. Mungkin pemilik mobil tersebut tidak sempat merawat cat mobil mereka atau mungkin banyak juga yang tidak tahu cara merawat cat kendaraan mereka sehingga kondisi cat mobil mereka terlihat kusam. Bagi yang memiliki kocek lebih, bisa saja mobil dibawa ke salon mobil untuk dipoleskan. Namun, saya tidak terlalu menyarankan untuk sering membawa mobil ke salon mobil , karena salon mobil biasanya menggunakan 'alat berat' dan 'obat keras' untuk memoles sehingga mengakibatkan lapisan cat terkikis.

Untuk itu, saya menyarankan untuk merawat sendiri cat kendaraan anda dirumah. Selain dapat menghemat uang, cat mobil bisa lebih awet lho! Disini saya ingin memberikan tips-tips merawat cat mobil yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Sebelumnya anda perlu mengetahui tipe cat kendaraan anda. Tipe cat kendaraan perlu diketahui sebagai patokan dalam memilih produk perawatan yang cocok bagi kendaraan anda. Pada dasarnya tipe cat mobil terbagi tiga, yang pertama adalah jenis cat Nitro Celulose (NC) yang umum digunakan pada mobil di era tahun 80an. Tipe cat NC tidak stabil dalam hal warna dan kilap sehingga perlu sering-sering memolesnya. Untuk merawat cat NC diperlukan obat poles dengan bahan dasar silikon. Produk yang bisa digunakan adalah Amway Silicon Glaze.
Yang kedua adalah jenis cat Nitro Celulose Modified (NC Modified) yang biasa digunakan pada mobil-mobil di pertengahan era 90an. Bahan dasar NC Modified sebenarnya sama dengan NC biasa, bedanya adalah pada NC Modified sudah ada bahan hardener yang menjadikan warna lebih kuat dan stabil. Produk perawatan cat yang baik digunakan sama dengan NC biasa, yaitu obat poles dengan bahan dasar silikon macam Amway Silicon Glaze.
Jenis terakhir adalah mobil berbahan dasar polyurethane (PU) yang biasa digunakan oleh mobil tahun 2000 keatas. Cat PU memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding NC dan NC Modified. Untuk merawat cat PU, tidak dianjurkan untuk menggunakan produk berbahan dasar silikon. Dianjurkan untuk menggunakan bahan yang bersifat organik. Bahan carnauba paling cocok untuk memoles cat jenis PU. Banyak pilihan produk yang bisa digunakan seperti seperti Turtle Wax, Meguiar's, Mother's, Zymol, dsb. Kalau ingin yang tidak terlalu mahal bisa gunakan KIT (saya sarankan kaleng biru atau merah). Pastikan wax yang anda pilih terdapat bahan carnauba wax didalamnya, bukan silikon. Oh iya, untuk kesemua jenis cat, saya tidak menganjurkan penggunaan kompon untuk perawatan rutin. Penggunaan kompon dapat mengikis cat, dan hanya boleh digunakan jika terdapat goresan yang sedikit dalam.

Sebelum mencoba, saya perlu mengingatkan anda untuk membedakan istilah poles dan wax. Poles berasal dari kata 'polish' yang berarti mengkilapkan, dengan cara menggosok (biasanya dengan material kompon) hingga permukaan kusam terkikis dan warna menjadi mengkilap. Mobil hanya perlu dipoles jika catnya sudah kusam atau jika terdapat goresan. Jika belum kusam, perawatan yang tepat adalah dengan waxing atau pemberian lapisan wax. Produk poles dan wax juga berbeda, jadi hati-hati dalam memilih. Perhatikan kata car polish dan car wax. Kalau terlalu sering menggunakan produk car polish, cat mobil kita bisa bertambah tipis, berbeda dengan wax, justru semakin sering kita aplikasikan wax pada cat mobil kita, semakin terlindungi catnya.

Di blog ini, saya akan memberi tips mengenai cara memoles dan mengaplikasikan wax pada cat mobil anda. Setelah mendapatkan produk yang sesuai dengan cat mobil anda, sekarang saatnya mencoba. Pastikan mobil anda terparkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pertama-tama cuci bodi mobil anda dulu. Tidak perlu menggunakan shampoo mobil kecuali bodi mobil dipenuhi lumpur atau noda-noda yang sulit dihilangkan. Setelah mobil dikeringkan dengan lap chamois, mulailah memoles. Jika cat mobil anda masih dalam kondisi baik dan belum kusam, proses memoles langsung dilewati dan anda hanya perlu melakukan waxing. Siapkan obat poles, wax, spons, dan kain katun bersih yang lembut atau lebih baik lagi jika ada kain microfiber.

Tuangkan obat poles ke spons (jika menggunakan obat poles cair) atau cocolkan spons ke pasta (jika menggunakan obat poles pasta) kemudian gosokkan ke bodi mobil dengan gerakan memutar atau naik turun (tergantung anjuran pada kemasan produk). Tunggu sekitar 5 menit agar sedikit mengering. Setelah 5 menit, bersihkan bekas obat poles dengan kain katun atau microfiber. Tidak perlu gerakan memutar. Agar hasil maksimal, lakukan pemolesan perpanel, jangan langsung satu mobil. Jika sudah selesai satu bodi, lanjutkan dengan proses waxing. Caranya sama dengan memoles, namun karena waxing hanya melapisi cat dengan wax, akan terasa bahwa proses waxing jauh lebih ringan dari proses memoles. Anda juga tidak perlu menunggu lima menit sebelum dibersihkan sisa-sisa waxnya.

Agar mobil anda selalu mengkilat dan terbebas dari jamur, lakukan waxing minimal 1 bulan sekali. Jika anda cukup rajin, lakukanlah lebih sering lagi, dijamin cat mobil anda akan selalu terlihat baru dan mengkilap. Anda juga tidak perlu sering-sering memoles, hasilnya lapisan cat tetap tebal dan terlindungi, jika anda ingin menjual kembali mobil anda pasti akan ditawar dengan harga lebih tinggi.

Selamat mencoba!

17 komentar:

Irwan mengatakan...

Waduh mas Arya, saya sudah terlanjur beli amway silicon glaze mau saya pakai untuk Yaris thn 2010 ... klo saya pakai juga dampaknya ke-depannya gimana ya ? memang silicon itu mengikis cat ya ? Mohon masukannya tks. Irwan

GOVERNMENT TRAINING CENTER mengatakan...

makasih atas informasi tipsny

Arya Daru Pangayunan, SIP mengatakan...

Silikon tidak mengikis cat, hanya saja untuk cat tipe PU, kilapnya tidak akan maksimal. Coba bandingkan kilapnya Amway Silicone Glaze dengan produk-produk berbahan dasar carnauba pada cat Toyota Yaris. Pasti yang berbahan dasar carnauba warnanya akan lebih 'deep'. Lalu bahan dasar silicone tidak terlalu awet jika terkena hujan. Namun demikian, aman-aman saja pakai silicone glaze, tidak akan merusak cat.

danasahabat.blogspot.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
HENICELL mengatakan...

Wah mantap tipsnya........
kalo boleh q share juga y pengalaman rawat cat mobil q.........teman2 yo mampir ke blogku...www.mobil-kinclong.blogspot.com

buat anak kok coba coba mengatakan...

gan..kenapa ya silicon itu membuat bagian plastik dasbord bintik bintik putih?makasih gan.nice share gan.apakah setan hantu dan jin bisa membunuh manusia? Tentu saja bisa gan,kar..selengkapnya>>>

bisnismudah mengatakan...

saya ada sedikit masalah nih... waktu pake wax kelupaan di bersihkan sehingga terkena sinar matahari dan mengakibatkan ada bekas yg agak mengganggu dan susah sekali dihilangkan...gimana nih cara nya menghilangkan bekas wax tersebut?? thanks atas sarannya...

malieh mengatakan...

Alow Om. saya pake APV Luxury warna putih belum ada sebulan. tapi ya namanya putih,dan mungkin juga karena perjalanan si mobil dari pabrik sampe rumah,mobil tampak kusam walaupun sudah di wax. beberapa teman mengusulkan di poles aja biar kinclong. tapi setelah baca banyak posting di berbagai blog,kayaknya kok jadi ragu ya. kalo menurut Om gimana? tengkyu..

Ramli Inhu mengatakan...

Untuk Henicell, Gue sudah ke blog www.mobil-kinclong.blogspot.com, tetapi ngak ada penjelasan bahan dasarnya apa (carnauba, silicon atau lainnya)tq

Fajriannur Rovieq mengatakan...

nanya mas... mobil saya new mazda 2 sports warna crystal white pearl, baru 1 bulan... waktu pertama saya terima bnyk bekas lakban dan saya bersih kan dengan enamel polish dari wurth... nah baru" ini ada goresan kecil di mobil saya sampai keliatan cat dasarnya... petanyaan saya,
1. sdh tepat kah untuk menghilangkan bekas lakban dengan menggunakan enamel polish wurth.
2. untuk menghilangkan bekas goresan kecil yg sampai kena cat dasar perlu dilakukan langkah apa, apa perlu dengan paint touch up.
3. untuk umur mobil yang baru berumur bulan produk kit mana yg sesuai dan lebih direkomendasi kan. (metalic, for new car, atau original wax)?

roy wijaya mengatakan...

makasih mas infonya saya juga ada tips
cara merawat cat mobil

JO aditya mengatakan...

gan mau tanya nih, untuk KIT yang kaleng orange yang restorative itu bisa merusak cat gk sih? mksdnya berat gosok nya gmna?

Arby Gunawan mengatakan...

Mas arya, saya sudah terlanjur poles mobil fortuner 2010 saya pakai silicone glaze. Waktu saya poles mobil saya tidak terkena secara langsung sinar matahari, tetapi karna warna mobil hitam jadi menyerap panas. Nah ktika selesai poles mobil masi ada sisa2 noda silicone yang nempel di cat dan susah hilang, bagaimana ya mas menghilangkannya?

handukmicrofiber mengatakan...

nice info,,
polishing juga lebih baik menggunakan lap dengan bahan microfiber, tidak meninggalkan goresan pada bodi mobil, sangat baik untuk polishing..
Penjelasan Microfiber
shop here

Zulqaidandy Rachman mengatakan...

Mobil sy altis 2002, wrna item nah kalo mau ngilangin baret2 halus sm ada bekas kompon yg bikin warnanya beda dri yg lain bagus pake kit apa ya? Kmren adek gue salah beli malah beli yg merah.. mohon saran yaa gan

Rahmat Hidayat mengatakan...

izin rewrite sebagian ilmunya ya bos, kalo agan merasa keberatan, saya akan hapus terima kasih sebelumnya

ASR912 mengatakan...

sip artikelnya,nah jika mobil baru di cat gimana memolesnya ? mohon pencerahannnya