Jumat, 05 Desember 2014

Pengalaman Hidup: Magang di KJRI Perth (1st chapter -- 29 Nov - 4 Dec 2014)

29 November 2014

Semaleman ga bisa tidur, ga sabar buat berangkat ke Perth hari ini. Aseeek…

Pagi jam 7 habis sarapan semangkok cornflakes, aku langsung mandi dengan harapan pas harus berangkat jam 9.30, handuk yang aku pakai mandi pagi udah cukup kering dan bisa ikut masuk ke dalam koper. Barang-barang yang bakal ditinggal di asrama kayak ember, gantungan baju, dan teko air aku titipin ke kamar Mas Ivan. Stelah nitipin barang-barang, aku tidur-tiduran lagi di kamar. Masih ngantuk karena kurang (ga bisa) tidur semaleman, sampai akhirnya jam 9 kebangun sama suara alarm dari hape. Untung handuk dah lumayan kering jadi langsung bisa masuk ke koper dan siap berangkat. Setelah nyerahin kunci ke Pak Syahwin, penjaga asrama, jam 9.15 udah keliatan Toyota Vellfire, taksi Silver Bird standby di parkiran asrama.

Aku jadi orang pertama yang masukin barang ke taksi. Ga lama kemudian Stiffan juga udah siap. Rinnay yang lumayan ngaret. Dari yang awalnya janjian mo jalan 9.30, molor jadi jam 10. Untung sopir taksinya baik, kita nungguin Rinnay di dalem mobil dengan kondisi mesin dan AC nyala tapi argo belum dijalanin. Perjalanan dari asrama ke bandara cukup lancar dengan argo sampai terminal 2D ga sampe 250 ribu.

Di bandara, aku, Stiffan, sama Rinnay nungguin Rina sama Nia sebelum bisa masuk ke counter check in buat ngedrop bagasi. Stelah naro bagasi, lewatlah kita di counter imigrasi. Pertama kalinya nih pake paspor diplomatik. Sama petugasnya paspor kita berlima dikumpulin jadi satu buat di cap, jadi ngga ngantri satu-satu. Sambil nunggu boarding, kita makan siang dulu di Oldtown White Coffee. Aku makan toast pake telur stengah mateng, lumayan enak, jadi dulu waktu diajak makanan kayak gini sama Erwin, sahabat di Singapur.

Pas boarding, kita harus naik bus karena PK-GFK, pesawat Boeing 737-800NG yang dipake buat penerbangan GA 729 ke Perth parkirannya lumayan jauh. Aku duduk di 23K. Sepanjang penerbangan aku dah ngehabisin satu film full sama beberapa film-film pendek. Makanannya lumayan, pilihannya antara nasi rendang dan roasted chicken and potatoes. Karena aku pilih chicken tentunya. Flight selama 4 jam lebih walaupun dengan pesawat kecil cukup enjoyable.

Kita landing skitar jam 6.45 waktu setempat (lebih cepet 1 jam dibandingin Jakarta). Setibanya di Perth International Airport, agak kesel juga karena paspor kita ga bisa kebaca mesin scan imigrasi mereka. Dari 5 paspor, cuma Stiffan sama Nia yang bisa lolos. Setelah ditanya-tanyai dan diminta nunjukin beberapa dokumen, akhirnya aku, Rina, dan Rinnay berhasil lolos juga. Ga sakti-sakti banget tu paspor hitam di Australia.

Stelah keluar terminal bandara, kita langsung cari counter penjualan nomor telepon seluler setempat. Kita pakai operator Optus. Kita beli paket seharga 45 AUD, dapet paket internet 2 giga dan jatah telpon internasional senilai 10 AUD dengan tarif 11 sen per menit ke Indonesia. Proses registrasinya cukup lama, jadi ga enak bikin Mba Rina, PF Ekonomi sama Bang Oji salah satu local staf yang jemput kita jadi harus nunggu lumayan lama sampai kita slesei registrasi nomor kita. Keluar terminal bandara, hawanya enak banget, seger gitu, minim polusi, suhunya 23 derajat celcius. Kita dianter pake minivan Mercedes KJRI.

Sampai di KJRI kita disambut sama staf-staf sebelum kemudian CC dengan Pak Dede, Konjen KJRI Perth yang sebentar lagi akan cross posting ke Maroko. Beliau suka sekali cerita. Setelah makan malam KFC (yang menurutku lebih enak dari KFC di Indonesia), Pak Dede ga berhenti bicara sampai skitar jam 1 malem. Teler deh.

30 November 2014

Skitar jam 1 malem lebih, aku sama Stiffan dianter Mas Dani, suami Mba Ririn yang jadi PF Pensosbud di KJRI Perth pake Honda Accord 2008nya ke apartemennya yang jaraknya ga gitu jauh dari KJRI. Mba Ririn masih kerja tu, gilak, makanya Mas Dani stelah nganter kita langsung balik lagi ke KJRI nungguin Mba Ririn ampe slesei kerja.

Lumayan enak apartemennya. Kalau Rina, Rinnay, sama Nia ditampung di apartemennya Bu Nusi, HOC KJRI Perth. Yang aku lumayan kaget kamar mandinya, ga ada air panas! Menggigil deh. Aku tidur cuma bentar, ga sampe tiga jam, siap-siap buat acara World of Food Festival di halaman Kantor Gubernur Western Australia. Aku sama Stiffan udah siap, ternyata Mba Ririn sama suaminya ga bangun-bangun, mungkin kecapekan smalem mreka pulangnya jam 3 pagi mungkin. Jam 10an mreka baru bangun dan kita baru berangkat jam 11. Kita ke Kantor Gubernur naik bus. Busnya bagus dan gratis untuk wilayah Central Business Districtnya Perth.

Di acara, kami mendapat kehormatan bisa dikenalkan oleh Pak Konjen kepada Gubernur Western Australia. Setelah menyaksikan sambutan-sambutan oleh para pejabat setempat, termasuk oleh Pak Konjen selaku Dean of the Consulate Corps di Perth, kita cari makan di stan-stan makanan di halaman Kantor Gubernur. Banyak negara yang menggelar stan makanan disitu. Pusing juga keliling liat harga-harga makanan yang ditawarin mahal-mahal, rata-rata 8-10 AUD. Begitu liat ada makanan yang murah dan menggiurkan, ga yakin kalo itu halal – American Chilli Dog dari stan Amerika Serikat. Jadinya aku beli Cheese Gozleme, makanan tradisional dari Turki, kayak pita bread diisi feta cheese trus dikasih perasan jeruk lemon. Itu harganya 8 AUD, plus minuman Schweppes Lemonade 2 AUD. Mahal yak? Tapi suasananya yang lebih nikmat dari makanannya. Kita makan sambil duduk-duduk di rumput, piknik-piknik ala bule gitu.

Stelah makan, aku dititipin kunci apartemen sama Mas Dani biar kita bisa bebas jalan tanpa bergantung ke Mba Ririn ato Mas Dani. Kitapun jalan ke City Center, pusat kotanya Perth. Isinya toko-toko gitulah, ga wah-wah banget sih. Ga beli apa-apa juga disana. Untuk barang-barang international brand harganya standar-standar aja, ga jauh-jauh dari harga di Indonesia. Makanan yang kerasanya mahal. Kita jalan ke pinggir Swan River buat cari café buat nongkrong. Aku pesen hot chocolate sama lemon pie, itu aja udah 15 AUD. Hadeh. Suhunya sepanjang siang sekitar 23 derajat, karena anginnya lumayan gede jadi pada kedinginan. Habis nongkrong di pinggir sungai, kita balik ke KJRI. Yang cewe-cewe dianter balik sama salah satu local staff trus aku sama Stiffan balik ke apartemennya Mba Ririn.

Makan malam, aku makan sate ayam sisa dari stan makanan Indonesia di acara siang hari di halaman Kantor Gubernur. Stelah makan malam aku langsung tidur saking capenya.

1 Desember 2014

Pukul 00.15 tiba-tiba Mas Dani buka pintu kamar trus ngebangunin aku sama Stiffan. Katanya kita harus ke Wisma Indonesia pagi-pagi biar ga telat nganter Pak Konjen ke bandara yang udah siap cross posting ke Maroko. Buset, baru tidur bentar dah dibangunin lagi. Biar fresh, aku paksain mandi, daaan ga sempet buat nyiapin air panas, jadinya cold shower jam stengah satu pagi. Brrrrrr… Langsung agak-agak ga enak gitu badannya, tapi bodo amat. Sampe Wisma Indonesia langsung nyeruput Twinning’s Chai Tea panas langsung enakan.

Wisma Indonesia, kediaman Pak Konjen jaraknya lumayan jauh, skitar stengah jam dari KJRI. Gede dan mewah, lebih kerasa rumah daripada Wisma Indonesia di Yangon yang aku pernah liat. Boleh tidur lagi sebenernya, tapi ga bisa. Selama nunggu jadinya duduk di sofa yang empuk dan nyaman mantengin serial Friends sama How I Met Your Mother. Stelah smua staf KJRI kumpul di Wisma Indonesia, akhirnya jam stengah 5 pagi kita smua berangkat ke bandara nuat nganter Pak Konjen.

Di bandara, kita diarahin ke ruang tunggu VIP, tapi ngga bisa duduk juga saking banyaknya yang nganterin Pak Konjen. Pagi-pagi kaki dah pegel tuh berdiri lama. Stelah Pak Konjen berangkat, kita ga langsung pulang dari bandara, katanya ada tamu yang dateng dari Indonesia yang harus disambut. Karena laper, aku niatnya nyari makan di dalem bandara, tapi bgitu liat harganya, ga jadi, sayang banget duit kalo kopi sama croisant harganya 10 AUD. Akhirnya aku beli chips dari vending machine labelnya Red Rock Deli, Sea Salt & Balsamic Vinegar. Harganya 2 AUD. Rasanya enak, kentang tapi asem-asem seger gitu. Baca komposisinya ga ada MSGnya, cocoklah. Lumayan buat nghindarin sakit maag pagi-pagi.

Dari bandara langsung ke KJRI. Rasanya masih ga seger gitu badannya. Aku sama Stiffan ijin balik ke apartemen buat istirahat sebentar. Ga sempet sebenernya buat istirahat karena bgitu sampe apartemen, aku nyicil nyuci 2 potong baju, ngrebus air panas sambil sarapan roti sama keju, mandi, trus langsung cabut ke KJRI lagi.

Ga lama nyampe di KJRI, langsung disambut dengan demo Organisasi Papua Merdeka (OPM) di depan kantor KJRI dan aku langsung ditugasin Mba Ririn jadi intel, seriusan, intel! Aku ditugasin buat ngawasin demo OPM itu di City Center. Aku ditugasin ngambil foto sama dengerin orasinya, tapi samaskali ga boleh interaksi sama mereka. Karena aku ngantornya pake PSL aku disuruh ganti baju sok-sokan jadi turis gitu, jadi aku balik ke apartemen buat ganti polo shirt, jeans, sama sepatu santai. Aku ditemenin jalan sama Mas Ari, stafnya Mba Ririn di pensosbud naik bus. Lumayan lama nunggunya disana sampe demonya mulai di City Center. Demonstran OPM ngebentangin spanduk sama bendera trus berorasi. Bahasa Inggrisnya yang ngasih orasi ga jelas dan ga menarik gitu jadi ga banyak orang juga yang merhatiin ato ngasih simpati ke mereka. Sambil sok-sok jadi turis gitu aku ambil beberapa foto kegiatan demonya.

Demo rencananya berlangsung sampe jam 2 siang, tapi ternyata sampe jam 1 dah ga ada orang lagi, cuma spanduk mereka aja belum diturunin. Karena laper, aku sama Mas Ari cari makan dulu. Niatnya makan di Subway, begitu ngeliat antriannya, ga jadi deh… Noleh ke sebelah ternyata ada tempat makan makanan Meksiko namanya Mad Mex. Tempat makan ini dah aku search di internet sebelum berangkat ke Perth dan katanya itu tempatnya taco sama burrito enak, dan beneran enak! Aku beli Chicken Burrito sama Mexican Soda habisnya 15,20 AUD. Mahaaal buat ukuran kantong orang Indonesia, tapi untungnya enaaak! Habis makan langsung balik ke KJRI naik bus juga. Baru balik jam 3an, sore.

Stelah slesei bikin laporan hasil intelijenku, aku diminta jadi petugas upacara hari Korpri sebagai pembaca teks Pembukaan UUD 1945. Entenglah… Habis upacara kita dibagi-bagi ke fungsi-fungsi. Aku kebagian di fungsi ekonomi sama Rinnay dibawah Mba Rina. Sorenya, temen-temen magang diminta ikut ke Wisma Indonesia, ceritanya sih buat sweeping barang-barang, ngecek apa ada barang Pak Konjen yang ketinggalan ato ngga, skalian ngambilin barang-barang yang udah ngga kepake lagi. Kita makan malam manasin aneka makanan yang masih tersisa di Wisma. Dari Wisma, kita balik mampir ke KJRI bentar trus baru ke apartemen. Dari KJRI aku nyoba bawa Accordnya Mas Dani, agak deg-degan juga nyetir disini, maklum peraturannya super ketat dan dendanya kalo nglanggar juga mahal banget.

2 Desember 2014

Pagi ini aku bangun skitar jam 6, lumayan dari skian hari cuma bisa tidur kurang dari 3 jam, malem ini bisa lebih dari 6 jam. Stelah mandi dan sarapan, kita nungguin Mba Ririn maksudnya biar bisa brangkat bareng, ternyata ditunggu sampe stengah 10 ga bangun-bangun. Akhirnya aku sama Stiffan ninggalin note di meja dan brangkat ke kantor duluan. Jam 11 pagi Pak Rosihan yang bertindak sebagai Acting Konjen meminta para peserta magang berkumpul dan diberikan briefing mengenai tugas masing-masing peserta magang. Aku sama Rinnay karena di ekonomi kebagian tugas bikin survei pasar. Siang hari, aku sama temen-temen makan siang beli kebab. Enak banget daging kebabnya, tapi harganya lumayan mahal. Sama minum aku habis 12,30 AUD.

Jam 3 siang ada rapat staf dan peserta magang juga diundang. Banyak agenda yang dibahas. Rapatnya lama banget sampe diatas jam 7 malam. Aku jadi notulen di rapat itu. Salah satu hasil keputusan rapat adalah besok pagi aku sama Stiffan ditugasin dampingin delegasi Kepala Sekolah dan Pemda Jatim yang mau nandatanganin Letter of Intent dengan Belmont City College dan Shenton College. Jadi besok harus ada di kantor sebelum jam 8 buat brangkat pendampingan itu. Keputusan rapat lain tu staf magang yang cowo diminta bergiliran jaga malam di Wisma Indonesia. Jadi aku harus siap-siap nginep di Wisma besok.

Malemnya stelah slesei rapat, smua peserta magang ditambah Bu Nusi, Mba Ririn sama Mas Dani, sama Mba Widya, BPKRT makan di Jaws Sushi. Lumayan sih sushinya tapi mahal. Aku cuma makan sepiring isi 3 sushi, miso soup, sama Ocha habis 9,30 AUD. Sebelum makan, sempet mampir bentar di supermarket deket apartemennya Mba Ririn sama Mas Dani, aku iseng-iseng beli marshmellow, chips, sama sebotol kecil Schweppes Ice Cream Soda, habis 10,30 AUD tadi.

Sampe apartemen, aku langsung nyuci baju. Pengeringnya ga jelas gitu, ga kayak di asrama dulu yang lumayan bisa kering, kalo disini ga kering-kering, aneh. Jadinya habis diperes langsung dijemur gitu baju-bajunya, percuma dimasukkin pengering. Tau gini nyucinya ga banyak-banyak, ga enak kalo harus numpang jemur banyak baju lama-lama. Habis nyuci niatnya mau nyeleseiin tugas notulensi tapi mata dah ga kuat jadinya langsung tidur.

3 Desember 2014

Pagi ini aku bangun jam 6, masak air panas sambil cepet-cepet makan roti trus brangkat ke kantor sama Stiffan. Pas banget jam 8 sampenya dan Mas Ari dah siap nganter kita pendampingan. Mas Arif, yang di fungsi Ekonomi juga, ikut kita. Kita naik Mercy E240nya KJRI.

Kita berkunjung ke Belmont City College sama Shenton College. Kunjungan delegasi dari Jawa Timur itu fokus buat ngembangin kerjasama antara sekolah-sekolah di Jawa Timur dan sekolah-sekolah di Western Australia, utamanya untuk pengembangan sekolah inklusi yang dapat menangani siswa-siswi dengan disabilitas. Kebetulan Belmont City College dan Shenton College di Perth merupakan sekolah-sekolah yang mampu menangani siswa-siswi yang menyandang disabilitas, utamanya tuna rungu dengan sangat baik dan sekolah-sekolah dari Jawa Timur ingin belajar banyak dari kedua sekolah tersebut.

Aku belajar lumayan banyak dari kunjungan itu. Aku baru tau kalo ternyata bahasa isyarat yang dasar bahasanya Bahasa Inggris tu beda-beda, ada American Sign Language (ASL), British Sign Language, dan Australian Sign Language (Auslan). Di Australia tentu saja Auslan yang digunakan.

Seneng bisa liat sekolah-sekolah di Perth, bisa sedikit nostalgia gitu, soalnya kondisi sekolah sama suasana belajarnya tu mirip-mirip sama jaman aku di Kanada dulu. Kita makan siang di Shenton College. Cukup sederhana makanannya, sandwich sama pumpkin and spinach quiche, plus orange juice.

Sore hari stelah balik ke kantor, langsung bikin laporan soal pendampingan hari ini. Jam 8 malem dah mulai kelaperan, pengennya sih beli Subway yang masih deket sama KJRI, bgitu jalan kesana ternyata tutup, dah jalan jauuuh ga nemu tempat juga, susah banget cari tempat makan yang masih buka diatas jam 8 malem di Perth. Kita akhirnya jalan sampe City Center dan itu suasananya dah kayak kota mati gitu, dah bener-bener ga ada lagi toko yang buka. Akhirnya nemu tempat makan India, namanya Tikki Turban, aku pesen nasi biriyani pake kari plus minum habisnya 15 AUD, gila, apa-apa mahal! Habis itu balik ke KJRI naik bus.

Jam stengah 10 malem, aku sama Bang Oji berangkat ke Wisma Indonesia buat giliran jaga malem. Lumayan, kesana naik Mercy KJRI lagi, sama E240nya, tapi beda unit. Heran, semua orang pada takut nginep di Wisma Indonesia, katanya banyak hantu, tapi aku sih asik-asik aja. Aku tidur dikamar atas, nyaman banget, bedsetnya lengkap, bantalnya banyak, selimutnya anget, karpet di ruangan tebel.

4 Desember 2014

Smalem nyenyak banget tidurnya di Wisma Indonesia. Heran, banyak orang yang takut tidur situ, katanya berhantu, ya walopun ada, yg jelas enak banget tidur disitu. Bangun-bangun tiba-tiba dah terang aja, dah jam 6 kurang. Mandinya juga enak banget disitu, air panasnya mantep, dah ada handuk, sabun, sampo, lengkap pokoknya, pas banget dah soalnya aku lupa bawa peralatan mandi. Habis mandi aku langsung dianter Bang Oji ke KJRI padahal masih belum jam 7. Dia harus pagi-pagi karena harus nganter anaknya sekolah. Aku akhirnya tidur lagi di kantor sampe mulai jam kerja.

Mulai jam kerja agak bingung juga ni mau ngapain. Karena belum sarapan, aku iseng beli snack di toko sebrang KJRI. Cuma beli Twinning’s Peppermint Tea, Nut Bar, sama Colgate Mouthwash aja dah lebih dari 10 AUD. Hadeh…

Hari ini dapet kerjaan bikin market review dan aku ga ngerti harus ngapain, mana internetnya lelet. Jadi sepagian ga dapet progress apa-apa. Kita makan siang di Subway di City Center. Stiffan ga ikut tapi, dia bener-bener ga mau kluar duit disini. Aku makan Turkey 6” sandwich, sama minum habis 8,50 AUD. Lumayan murah termasuknya. Habis makan, yang cewe-cewe pada blanja di supermarket trus aku iseng ngobatin kangen beli Reese’s, Cuma 1,5 AUD. Kita bolak-balik City Center naik bus. Habis jam makan siang, di aula KJRI lantai 2, aku bantuin angkat-angkat kursi sama bikin panggung buat persiapan acara Natal tanggal 5 Desember

Malemnya, tiba-tiba aja aku dikasih kunci mobilnya Mas Dani buat nyetir ke Hillarys Boat Harbour yang jaraknya sekitar 45 menitan dari KJRI. Kita pake dua mobil, mobilnya Mas Dani, sama mobilnya Agam, masyarakat sini yang sering nongkrong sama temen-temen KJRI. Pertama kali tu nyetir masuk freeway di Perth, deg-degan juga, tapi lumayan ada GPS. Smua temen-temen magang pada ikut kecuali Stiffan yang harus jaga Wisma Indonesia. Slain kita, ada Mas Dani, Mba Widya, sama Agam. Bosen juga nyetir di Perth, aturan-aturan sama speed limitnya ketat banget. Di Hillarys, kita makan pizza di Little Caesar’s. Biasa aja sih pizzanya. Balik tu dah lumayan malem, hampir stengah 12 baru sampe apartemen.