Jumat, 12 Desember 2014

Pengalaman Hidup: Magang di KJRI Perth (2nd chapter -- 5 Dec - 11 Dec 2014)

5 Desember 2014

Pagi ini tetep deh mikirin market review yang ga ngerti-ngerti jadi spagian tu mantengin layar, nyari bahan, berharap ada materi yang relevan buat market review yang sampe siang ga dapet-dapet. Ga enak gitu rasanya kerja ga dapet hasil.

Siang skitar jam 12an aku diajakin Jumatan di City Center sama Pak Winadi, Petugas Komunikasi di KJRI. Karena Jumatan disini baru mulai jam stengah 2, kita makan dulu. Aku makan Taco. Aku kira murah karena seporsinya cuma 5 AUD, ternyata kecil banget porsinya! Plus minum jadi 8,5 AUD Habis makan aku sama Pak Winadi jalan ke tempat Jumatan, tempatnya tu cuma kayak aula kecil gitu, bukan masjid, tapi lumayan penuh, kebanyakan isinya orang-orang Timur Tengah. Khotbahnya pake Bahasa Inggris. Habis Jumatan langsung balik ke KJRI.

Habis istirahat makan siang, aku sama temen-temen magang diajak Mba Rina ke kantor Department of State Development, Western Australia buat tanya-tanya soal perekonomian di Eropa Barat. Kantornya deket banget sama KJRI jadi cuma jalan kaki aja. Stelah itu, karena ini bagian ekonomi, aku sama Rinnay bikin laporan kunjungannya.

Sorenya kita ga bisa langsung pulang, ga bisa jalan keluar juga, karena harus standby terus di KJRI. Sore sampe malem ini lagi ada acara perayaan Natal di aula KJRI. Ga jauh-jauh kerjaanku dari di Yangon dulu, aku dimintain tolong Pak Winardi buat motretin acara. Acara Natalnya ada doa bersama, trus pertunjukan di panggung, ada yang nyanyi, ada yang main gamelan. Lumayan banyak masyarakat Indonesia yang dateng. Habis selesai acara, aku bantuin beres-beres aula, angkut-angkut kursi.


6 Desember 2014

Hari Sabtu ini lumayan, bisa bangun agak siang. Hari ini agenda utamanya jalan-jalan ke Fremantle, kota pelabuhan tua di selatan Perth. Aku jalan skitar jam 10an naik bus ke City Center buat ketemuan sama Rina, Rinnay, Nia, sama Vega, local staff yang bakal dampingin kita jalan ke Fremantle. Stiffan ga ikut, katanya dah punya agenda sendiri. Kita ke Fremantle dari City Center naik kereta Fremantle Line. Kita beli tiket Family Rider lewat mesin tiket di stasiun seharga 23,6 AUD buat berlima. Tiket itu bisa buat naik bus, ferry, ato kereta seharian. Keretanya lumayan bagus, yaa ga jauh-jauh bangetlah sama MRTnya Singapura ato monorelnya Kuala Lumpur.

Sampai Fremantle, kita muter-muter naik Blue CAT Bus gratisan muterin Fremantle. Habis muter-muter naik bus, kita makan di restoran Cicerello’s di pinggir dermaga. Disitu kita makan fish and chips sama mussels. Lumayan enak. Kita makannya sharing-sharing gitu, trus diitung-itung per orang habisnya skitar 20 AUD. Habis makan kita belanja di toko suvenir namanya Aussin, yang punya orang Indonesia, maksudnya biar bisa dapet diskon gitu. Aku beli beberapa oleh-oleh habis 53 AUD.

Dari Fremantle, kita balik lagi ke City Center naik kereta. Di City Center kita belanja camilan di supermarket Woolsworth, niatnya buat piknik di Kings Park. Aku kemakan iklan yang banyak dipajang di halte-halte bus jadinya nyobain Spearmint Milk, 3 AUD, lucu deh rasanya. Tadinya mau ke Kings Park naik bus, tapi ternyata busnya dah ga jalan lagi karena jalanan ditutup buat Parade Natal. Akhirnya kita jalan sampe Kings Park yang letaknya lumayan tinggi diatas bukit. Walopun capek, ga sia-sia, pemandangannya bagus banget di Kings Park.

Stelah sunset, Vega telpon temennya, namanya Edwin, masyarakat Indonesia juga, buat jemput kita di Kings Park trus jalan buat dinner bareng. Dia bawa mobil VW Multivan, jadi muat banyak. Kita dinner di restoran Nando’s di Victoria Park. Ditraktir ternyata sama Edwin, katanya dia habis dapet bonus ditempat kerja. Habis dinner, Rina Rinnay, sama Nia dianter kerumah Bu Nusi, trus aku dianter ke Wisma Indonesia karena giliranku jaga malem.


7 Desember 2014

Bangun-bangun rasanya seger banget habis tidur di kamar VIP wisma yang katanya berhantu itu. Saya bangun jam 5.45, mandi, trus balik ke KJRI sama Pak Eddy. Hari ini rencananya mau nyewa mobil buat jalan-jalan, ditemenin Mba Widya. Katanya jam 8 pagi mobil bakal dianter ke KJRI. Nyewanya sama orang Indonesia yang punya persewaan mobil, kenalannya Mba Widya. Karena masih ngantuk aku tidur lagi di sofa depan TV di KJRI sambil nunggu mobilnya dateng. Skitar jam 8 lewat dikit Mba Widya nyampe di KJRI trus ga lama kmudian mobil sewaannya dateng, minivan KIA Grand Carnival EX. Harga sewanya 90 AUD seharian. Ga lama buat adaptasi nyetirnya, gampang-gampang aja bawanya, langsung deh jemput Rina, Rinnay, sama Nia yang pada nginep di rumah Bu Nusi. Lagi-lagi Stiffan ga ikut.

Habis jemput temen-temen, disempetin mampir bentar di taman dipinggir Swan River buat motret kota Perth dari sebrang Swan River. Habis itu langsung cabut ke tempat yang namanya Caversham Wildlife Park, sejam kurang dari Perth. Masuk Caversham 25 AUD. Disitu kita bisa foto-foto sama hewan-hewan khas Australia seperti wombat, wallaby, kanguru, koala, sama aneka jenis burung. Dari Caversham kita jalan ke Yanchep National Park, ke arah utara. Kita mampir makan di resto fastfood Hungry Jack’s, franchise fastfood yang mirip banget sama Burger King, mungkin itu Burger King versi Australia karena ada Whoppernya segala. Cuman harus hati-hati kalo mesen, banyak baconnya. Aku makan pake Jr. Whopper, habis 6,10 AUD.

Habis makan, kita lanjut jalan sampe Yanchep, lama-lama mulai asik dan terbiasa nyetir di Australia nih. Masuk National Parknya bayar 12 AUD semobil. Trus kita ke visitor’s centernya buat daftar Aboriginal Tour, 11 AUD per orang. Kirain bakal diajak jalan-jalan gitu sama guidenya, ternyata cuma nonton dia ngenalin senjata-senjata, alat musik, sama lukisan Aborigin sambil kita duduk diatas kursi yang diatasnya digelar karpet kulit kanguru. Lumayan bagus sih, cuman agak sayang aja, 11 AUD gitu… Dari Yanchep, kita balik ke arah selatan, ngikutin jalan di West Coast lewat pinggir pantai terus. Kita sempet mampir ke pantai namanya Two Rocks, trus lanjut lagi ke Cottesloe buat liat sunset. Kita juga sempet berhenti ngisi bensin dulu. Baru pertama kali ngisiin bensin mobil di Australia. Jadi kita sendiri yang ngisi bensin trus tar bayarnya di kasir convenience store di sampingnya.

Kita trus makan malam di restoran namanya Hog’s Breath, di daerah Northbridge, Perth. Steak sama dessertnya enaaakkk bangetttt, walopun memang rada mahal, aku sendiri habis skitar 35 AUD buat Ribeye Steak, Mud Cake, sama Diet Coke. O iya, kita markirin mobil di gedung parkir umum selama makan makan habis 7 AUD, mahal gila cuma buat parkir. Habis makan aku nganterin temen-temen balik ke rumah Bu Nusi, trus mobilnya ditinggal di KJRI. Aku baru sampe apartemennya Mas Dani tu jam stengah 12 malem. Malem-malem gitu mumpung jemuran kosong aku sempetin buat nyuci baju, baru deh bisa tidur. Lumayanlah dua hari ini sebagian besar Perth udah dijelajahin. Dah beli oleh-oleh, dah liat koala sama kanguru, dah sah berarti kunjungannya ke Australia.


8 Desember 2014

Pagi ini bangun rada-rada ga semangat gitu. Sampe meja kerja masih aja mikirin market review yang ga jelas nasibnya. Dapet tugas lagi bikin laporan khusus soal kasus Dean Nalder, Menteri Transportasi dan Keuangannya Western Australia. Mana ga ngerti kasusnya gimana, jadi harus belajar lagi. Rinnay yang lebih banyak mikir sih, aku lagi ga gitu fokus hari ini.

Siangnya niatnya sih makan sendiri di Subway yang ga gitu jauh dari KJRI, tapi tiba-tiba Stiffan sama Mba Ratu, local staf di konsuler ngajakin makan di Brooksfield, deket City Center naik bus. Di Brooksfield ada foodcourtnya gitu. Ga jadi deh makan Subway, untungya disitu ada Mad Mex, makan burrito lagi deh, habis 15,10 AUD. Habis makan siang diajakin Mba Ratu nyobain kopi di coffee shop namanya Small Print. Aku nyobain cappucinonya daaan itu cappucino terenak yg pernah aku coba. Satu cup gede 4 AUD, diminum sambil jalan balik ke KJRI.

Sorenya aku diminta ikut dinner di Hyatt sama Pak Rosihan, Mas Arif, sama Mba Rina, ngejamu tamu dari Kementerian Perhubungan sama Kementerian Hukum dan HAM yang lagi ikut workshop di Perth. Aku makan Pho, walopun di Hyatt rasanya biasa aja sih. Trus malemnya, giliranku lagi jaga wisma, skarang sama Mas Ari.


9 Desember 2014

Pagi ini aku diminta nganterin dokumen ke tamu yang smalem dinner bareng di Hyatt. Tamunya lagi ada acara di Duxton Hotel, deket City Center jadi aku naik bus kesana buat nganter dokumennya. Pulangnya skalian mampir di Subway buat beli makan siang. Aku pesen yang isinya roast beef, sama minum habis 8,6 AUD. Habis makan siang aku dapet kerjaan dari Mba Rina buat translate berita dari koran The Australian. Agak lumayan menantang translate berita dari The Australian karena bahasanya termasuk lumayan rumit, beda banget sama koran The New Light of Myanmar yang dulu biasa aku translate jaman di Yangon.

Sorenya aku diajakin makan waffle di Gelare, semacam café yang jualan pancakes, waffle, sama gelato di City Center sama Vega. Mba Rina, Rina, Rinnay, sama Nia juga ikutan. Kita naik bus kesana. Temen-temen yang lain pada pesen waffle yang kecil plus satu scoop gelato, tapi karena aku niatnya ngirit skalian biar kenyang ga usah makan malem lagi, aku pesennya waffle yang large pake dua scoop ice cream plus blueberry-banana smoothie, dan ternyata ditraktir Mba Rina, jadi (ga) enak aku pesennya banyak sendiri tapi ternyata dibayarin. Dah gitu pas balik ke kantor ternyata Mba Widya beliin KFC buat semua, kenyang gila deh malem ini.


10 Desember 2014

Pagi-pagi jam 5.45 aku udah ada di kantor siap buat nganter tamu yang kemaren ke bandara karena mereka dah harus balik ke Indonesia. Aku naik Mercynya KJRI sama Mas Ari. Di bandara sempet kaget juga liat antrian cek in Garuda Indonesia panjangnya setengah mampus. Untung Pak Andra, salah satu tamunya GFFnya udah Gold jadi bisa langsung cek in di barisan sendiri, jadinya cepet urusan cek in-nya.

Sampe kantor masih skitar jam 7.30, masih bisa merem bentar sampe jam 9, tapi kaget juga persis jam 9 Pak Rosihan masuk ke ruangan tiba-tiba minta notulensi rapat minggu lalu karena hari ini jam 9.30 bakal ada rapat staf, trus ditanyain apa notulensinya udah dibagiin ke temen-temen home staff apa belum. Aku sadar banget kalo belum aku bagiin karena waktu itu langsung di-file sama Mba Ririn, tapi sontak aku jawab “siap, sudah saya bagikan ke semua Pak!” Pak Rosihan bilang, “bagus, terimakasih ya!” Langsung aku cepet-cepet ngeprint notulensinya trus aku bagiin ke smua home staff pagi itu. Pas mulai rapat, semua home staff udah pegang notulensinya dan smuanya lancar, aku dapet apresiasi dari Pak Rosihan, haha, memang harus cerdik jadi anak buah…

Habis rapat dibagiin makan siang kotakan, makanan Indonesia, nasi ayam goreng, telur balado, ikan asin. Lumayan sih gratisan, krasa banget ngiritnya, tapi ga enak banget deh di Perth makannya makanan Indonesia.

Habis rapat aku ngerjain laporan pertemuan dengan delegasi dari Kementerian mengenai Workshop on Air Travel. Ga jelas banget ni, yang diomongin waktu pertemuan informal ga nyambung sama isi workshopnya, jadi apa yang harus dibikin laporan coba? Mana materi workshopnya juga ga ada, pusing deh. Tambah pusing lagi tadi waktu rapat disinggung lagi soal market reviewnya yang sampe skarang belum ada progress, hadeh, makin ga karuan ni kerjaan.

Sore diajakin makan ke Café Bintang sama Mas Dani di daerah Victoria Park. Aku yang nyetir mobilnya Mas Dani. Jaah, hari ini makan makanan Indonesia terus deh. Tapi seneng juga, soalnya ditraktir sama Mas Dani, hehehe… Aku pesen Mi Ayam Jamur, rasanya hampir sama kayak di GM, tapi porsinya dua kali lipet, ya wajar sih, harganya juga dua kali lipet soalnya. Habis makan aku nyobain kopi yang katanya Vega enak, di café Imp di Victoria Park juga. Enak cappucinonya, jauh lebih enak dari Starbucks, tapi buatku masih belum ada yang ngalahin Small Print.

Habis makan balik lagi ke KJRI, ngajuin laporannya soal Workshop on Air Travel ke Pak Rosihan, dicoret-coretlah dan dibilang isinya ga nyambung, karena memang dari pembicaraan yang aku catet juga ga ada yang nyambung. Hadeh, aku coba koreksi besok deh, dah ngantuk.


11 Desember 2014

Pagi di kantor langsung nyoba ngoreksi laporan yang kemaren. Bingung juga soalnya materinya juga ga ada. Tanya sama delegasinya kemaren mreka ternyata juga belum bikin. Jadi ga enak ni sama Pak Rosihan, tapi mau gimana lagi?

Siangnya aku sama temen-temen diajakin lunch sama Mba Ratu di food courtnya David Jones di daerah City Center. Lumayan banyak sih pilihan makanannya, tapi aku pas ga gitu selera. Akhirnya aku misah sendiri buat makan Subway skalian jalan liat-liat kartu pos sama kartu natal. Lumayanlah kalo di Subway ga lebih dari 9 AUD skali makan dah sama minum.

Sore diajak makan sama Mba Widya ke Spencer Village Food Court, lumayan jauh dari KJRI. Aku jadinya pinjem mobilnya Mas Dani buat kesana. Disana tu isinya makanan-makanan Asia semua. Karena males nasi, aku pesen prata pake kari ayam harganya 9 AUD. Gede banget porsinya, rada-rada kekenyangan tu. Habis makan disitu temen-temen pada penasaran pengen nyoba San Churro, café yang jual chorros gitu, padahal masih kenyang banget disitu. Aku disitu jadinya cuma nyoba cappuciono aja sama ngambil churros secuil, itu aja dah habis 10 AUD. Kopinya tetep masih paling enak di Small Print. Dasarnya aku ga gitu suka churros jadi biasa aja, tapi kayaknya bagi penggemar churros tu tempat enak banget. Tempat itu juga jual aneka dessert lainnya, tapi lumayan juga harganya. Malemnya giliran jaga lagi di Wisma Indonesia sama Mas Ari.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..