Rabu, 24 Desember 2014

Pengalaman Hidup: Magang di KJRI Perth (3rd chapter -- 12 Dec - 23 Dec 2014)

12 Desember 2014

Hari ini ngantor kayak biasa. Siangnya aku ke kantor pos buat ngirim kartu natal ke Pak Dubes Sumarsono trus makan di Subway sbelum Jumatan di City Center. Malemnya ada undangan dinner di St. Catherine College, yang ngundang Australia Indonesia Business Council (AIBC) sama Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP). Disana bisa kenalan sama orang-orang AIBC sama anak-anak AIYEP. Makanannya enak banget, ada steak, salad, pasta, desertnya pavlova yang gilak enak banget. Aku kesana sama Rinnay sama Mas Arif naik bus.


13 Desember 2014

Hari Sabtu ini kita harus dateng ke kantor buat ikut acara upacara HUT DWP. Aku dapet tugas baca doa pas upacara. Habis upacara HUT DWP, dalam rangka menyambut hari Ibu, ada lomba merangkai bunga yang diikutin sama masyarakat Indonesia yang pada dateng ke KJRI.

Habis selesai upacara, kita nyoba ngerasain nyebrang ke South Perth naik ferry. Tumben-tumbenan anak-anak magang berlima bisa kumpul semua, jarang-jarang Stiffan bisa ikut jalan bareng. Kita makan sore di Gelare yang di South Perth. Aku nyoba pancakenya dan ternyata enak banget.

Malemnya aku nonton konser musik klasik. West Australia Symphony Orchestra lagi main di Langley Park di pinggir Swan River. Aku beli bekal di supermarket buat nonton. Aku nonton sendirian, temen-temen pada punya acara sendiri-sendiri. Penontonnya banyaaaaak bangeeeettt, hampir 3 kali lapangan bola penuh manusia, tapi hebatnya mereka bisa hening smua waktu dengerin konser klasiknya, jadinya nyaman banget nontonnya. Performancenya bagus banget. Paling keren waktu mreka main 1812 Overture yang seharusnya pake meriam, mreka pake kembang api. Bagus banget pokoknya.


14 Desember 2014

Hari Minggu pagi tetep aja harus masuk kantor. Hari ini harus bantuin acara pelepasan peserta AIYEP. Acaranya ada pertunjukan seni budaya sama penyerahan sertifikat. Aku sempet tampil main gitar, biasa, Es Lilin yang jadi andalannya. Habis acara masih aja harus bikin laporan untuk pembuatan memorandumnya Pak Rosihan untuk Konjen Baru, jadi kerja sampe skitar jam stengah empat. Habis itu tiba-tiba diajakin Mas Dani ke Margaret River, Swan Valley. Disana ada pabrik coklat yang jualan gourmet chocolate. Aku nyetirin kesana, semobil ada Mas Dani, Rina, Rinnay, sama Nia. Aku ga beli apa-apa disana, mahal-mahal smuanya, gilak! Aku cuma nyobain es krim mint, enak sih, tapi 4,7 AUD bo’!

Dari Swan Valley, tiba-tiba aja Mas Dani ngajakin jalan ke Mandurah, kota pelabuhan yang jaraknya skitar 100 km dari Swan Valley. Lewat free way, jadi spanjang jalan pake cruise control aja dipanteng di 100 km/jam. Sampe Mandurah kita foto-foto trus makan malam disana. Kita makan malam di Dome ditraktir Mas Dani, aku pesen fish and chips. Biasa aja sih sbenernya rasanya, yang bikin enak karena kita kedinginan sama kelaperan. Dari info di aplikasi hape tulisannya 17 derajat, tapi anginnya yang bikin ngegigil. Pulang dari Swan Valley, heater dimobil dinyalain terus karena kita smua kedinginan.

Malemnya kita smua diundang ke acara barbeque di rumahnya Mas Imam, salah satu local staff KJRI. Kita dikenalin juga sama housemate dia orang bule yang kawin sama orang Indonesia. Makanannya enak, walopun dah makan fish and chips, burger bikinan housematenya Mas Imam mantep banget. Kita pulang udah hampir jam 12 malem. Mas Dani ternyata ga mau pulang malem itu, dia masih asik main PS dirumah Mas Imam. Aku akhirnya dianterin Agam. Aku nyobain bawa Civicnya. Koplingnya udah parah jadi agak ndut-ndutan mobilnya.


15 Desember 2014

Hari ini ngantor kayak biasa. Tapi sore skitar jam stengah 4, kita harus jemput Pak Konjen yang baru di Bandara. Sementara temen-temen yang lain pada standby buat nyambut di Wisma Indonesia, aku dapet tugas jadi petugas protokol di bandara. Gayanya aja istilahnya protokol, sbenernya jadi petugas bagasi, tapi asik sih nongkrong di bandara, hehe… Sampe di wisma, makan malem trus dengerin Bapaknya ngobrol sampe malem. Bapaknya ga jauh beda sama Pak Konjen yang lama, suka ngomong. Alhamdulillah baik Bapaknya. Kita baru balik dari wisma jam 10 malem.


16 Desember 2014

Jam 4 sore ada acara sertijab dari Pak Rosihan ke Pak Ade. Setelah sertijab, aku diminta nyetirin Mba Ririn ke acara graduation di daerah Albany, skitar 45 menit dari KJRI, pake Mercy E240nya KJRI. Aseeeek… Mas Dani juga ikut. Mba Ririn ngasih penghargaan ke lulusan grade 6 dan grade 7 yang berprestasi di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Stelah dari acara itu kita makan malam di Sizzler. Puas banget tu steaknya disana, steaknya mantep banget, beda sama Sizzler – American Grill yang ada di Jakarta.

Balik ke kantor, dah lumayan malem tuh, temen-temen cewe dah nungguin buat dibantuin pindahan ke Aldernay. Kita dibantu juga sama Bu Nusi, Mba Widya, Mba Ririn, sama Mas Dani. Mreka mampir trus nongkrong di Aldernay sampe lumayan malem baru pada pulang. Pas pada balik, aku ikut ke apartemennya Mas Dani dulu soalnya masih ada barang yang ketinggalan. Dari apartemennya Mas Dani, sbelum balik ke Aldernay, aku mampir ke supermarket 24 jam beli sereal, susu, sama orange juice buat paginya. Baru bisa tidur skitar jam 12an tuh.


17 Desember 2014

Hari pertama pindah di apartemen dah ngerasain dapet sensasi. Sensasi dibangunin jam 3 pagi sama alarm kebakaran. Sambil ngantuk-ngantuk ngambil jaket, ngambil paspor sama dompet trus turun.. Temen-temen yang cewe lebih epic lagi, pada pake piyama turunnya pake sepatu kerja. Masih mending sih, banyak bule-bule yang pada turun ga pake alas kaki, padahal pagi itu diluar skitar 12 derajat. Diluar udah ada dua truk pemadam kebakaran standby. Katanya respon mereka paling lambat 5 menit sudah sampai di tempat kejadian. Hebat ni Australia.

Stelah dibilang aman, kita balik lagi ke apartemen. Aku ga bisa langsung tidur, daripada bengong aku nyuci baju. Belum pernah pake mesin cuci di apartemen itu. Pencet pencet pencet, muterlah mesin cucinya. Ditungguin hampir sejam ga kelar-kelar, stelah aku liat dari kaca pintu mesin cuci, ternyata baju putihku kelunturan celana hitam, jadinya abu-abu. Padahal jaman di asrama ga pernah masalah nyuci clana hitam sama baju putih. Hadeh. Untung yang kelunturan cuma kemeja lama sama baju dalem, jadi ga sakit-sakit ati banget. Aku buang jadinya tu baju. Baru bisa tidur nyenyak tu jam 6 sampe jam stengah 8. Masih kurang tidur ni yang jelas.

Masuk kantor jam 9 masih ngantuk banget. Jam 10 ada rapat staf. Ini jadi rapat staf pertama yang dipimpin sama Pak Konjen yang baru. Rapatnya seharian sampe sore, dapet jatah makan siang juga.

Malemnya kita jalan kaki, makan malem di restoran VietRoyal, menunya asian fusion gitu, masih di daerah East Perth, ditraktir sama Mba Widya.


18 Desember 2014

Hari ini aku diajakin ke dealer Mercy sama Mba Rina. Mba Rina jadi ketua tim pengadaan mobil untuk KJRI. Hari ini aku diminta merhatiin proses-proses pengadaannya. Kaget juga aku diminta tolong nyetirin pake mobil KJRI, seneng banget deh bisa nyetir mobilnya KJRI lagi. Habis dari dealer, ditraktir makan siang sama Mba Rina di restoran halal ala ala Maroko gitu. Aku balik dari kantor jam 6 sore, langsung ke Aldernay, ganti baju trus dijemput Mas Ari pake Holden Zafiranya. Dari minggu kmaren sebenernya dah janjian sama Mas Ari buat jalan. Kita jalannya ke Westfield Carousel Mall yang dibilang buka sampe “late night”, yang ternyata cuma sampe jam 9 malem. Lucu juga jam 9 malem dah dibilang late night, soalnya kalo hari biasa mallnya jam 5 sore dah tutup. Ga gitu istimewa mallnya, jauh lebih heboh mall-mall di Indonesia. Jalan-jalan liat baju-baju di department store, ternyata harga-harganya ga jauh-jauh juga dari di Indonesia. Kita makan di foodcourt di mallnya, aku makan cheese burger di Bucking Bull. Lumayanlah 9,9 AUD dah dapet burger (yang ukurannya gila besarnya), kentang goreng (yang ukurannya juga gila), sama Pepsi. Kenyang gila pokoknya!

Habis dari Westfield Carousel Mall, aku sama Mas Ari ke supermarket Coles di daerah Victoria Park. Dari situ aku ditelpon Mas Dani yang katanya mau jemput buat jalan-jalan skalian makan cheesecake di daerah Midland. Sbelum itu mampir dulu di Alfred’s Kitchen yang jualan burger di daerah Swan Valley. Aku sih ga makan, masih kekenyangan dari burgernya Bucking Bull. Habis dari Alfred’s Kitchen, kita ke Mueller Café. Tempatnya tu kayak rumah tua biasa, ga keliatan kayak café samaskali. Cozy banget tempatnya, walopun kalo yang punya asma pasti ga nyaman soalnya sofa-sofanya sengaja ga divakum biar dapet suasana rumah tua, sama sarang laba-laba juga ga dibersihin yang justru bikin tempatnya unik. Yang punya café namanya Karl, dia ramah banget & suka banget cerita, waktu kita habis bayar & mau pulang, dia malah cerita terus sampe ga kerasa dah jam 12 malem.


19 Desember 2014

Pagi ini aku dapet giliran sama Mba Ririn buat dampingin Pak Konjen buat courtesy call ke Konjen Vietnam. Berangkat ke Konsulat Jenderal Vietnam dianter sama Mas Ari. Konsulat Jenderalnya Vietnam ada di tower di city center, pemandangan dari kantornya Konjennya bagus banget, ngadep Swan River. Konjen Vietnamnya juga ramah banget, banyak cerita soal ASEAN sampe impor sapi. Dari Konsulat Jenderal Vietnam, Pak Konjen minta jalan kaki balik ke KJRI. Ga gitu jauh sih, cuma masalahnya hari ini lagi panas-panasnya di Perth, sampe 39 derajat, dan kering banget udaranya.

Aku siang ini diajakin Jumatan sama Mas Dani & Mas Imam di masjid di daerah Westpool. Agak telat sampenya jadinya ga dapet didalem masjid, padahal lagi panas-panasnya hari ini. Habis Jumatan ditraktir Mas Dani makan di Bintang Café, nasi goreng kambingnya lumayan juga.

Sesiang aku sama beberapa local staff bantuin buat beresin aula buat nyiapin acara buat besok. Besok sore rencananya Pak Konjen ada pertemuan sama tokoh masyarakat.

Malemnya pada ngumpul di Aldernay, ada Mas Dani, Mba Ririn, Mba Widya, Agam. Dimasakin ketoprak sama Mas Dani, mantep banget dah…


20 Desember 2014

Sabtu pagi ini aku sama temen-temen, sama Mba Widya juga, jalan-jalan ke taman di daerah East Perth, masih deket sama Aldernay juga. Kita makan di Toast Bistro. Agak sial juga pas aku makan, toastnya agak keras jadinya pas aku coba potong pake pisau piringnya sampe terbalik makanannya tumpah semua, sialnya (atau untungnya) makanannya jatuh diatas tas Natgeo kesayangan yang aku taruh dibawah meja. Jadinya makanannya masih bisa dimakan. Tapi karena makanannya itu ada alpukat sama salmonnya, tasnya bau deh. Jadinya pulang jalan-jalan langsung nyuci tas pake mesin cuci. Sorenya kita harus dateng ke kantor Sabtu-Sabtu karena Pak Konjen ngundang tokoh-tokoh masyarakat buat makan malam.


21 Desember 2014

Aku smalem ketiduran di sofa, pagi-pagi jam stengah 6 dah kebangun denger Nia mulai goreng bakwan buat bekel jalan-jalan hari ini. Kita hari ini mo jalan liat Pinnacles di Nambung National Park yang jaraknya skitar 200 km dari Perth. Rencana kita jalannya pagi-pagi, tapi ternyata baru siap jalan skitar jam 10an. Kita mampir ke supermarket Woolworth’s di daerah Victoria Park dulu buat beli cemilan sbelum akhirnya jalan. Kita jalan pake dua mobil, Accordnya Mas Dani, sama Jazznya Agam, biasanya dia bawa Civic tapi katanya takut mentok kalo dibawa ke daerah Pinnacles. Tumben-tumbenan Stiffan juga mau ikut jalan sama kita. Jadinya yang jalan smua anak magang, Agam, Mba Widya, sama Mas Dani.

Awalnya Mas Dani yang bawa mobil, trus pas kita ngisi bensin di Caltex di daerah Jundaloop aku gantian yang bawa sampai ke Nambung National Park, sampe pulangnya juga. Pemandangannya lumayan bagus disana, sbelum sampe kita mampir berhenti di gurun yang pasirnya bener-bener putih, dari situ baru liat Pinnacles. Sbelum pulang mampir dulu di Jurien Bay. Kotanya sepi banget, kota pelabuhan mirip sama Cilacap gitu, tapi bahkan lebih sepi. Kita berhenti istirahat sebentar di pantai. Sempet tidur bentar dimobil sebelum jalan balik ke Perth, harus tahan ngantuk kalo nyetir di Australia, karena jalanannya sepi tapi harus taat sama speed limit. Hampir sepanjang jalan aku nyetir pake cruise control dipanteng di 110 km/jam.

Nyampe di Perth, kita makan di restoran Italia, Siena’s namanya, di daerah Leederfield. Habis makan pizza kita ngopi bentar di coffee shop namanya Greens & Co, biasa aja sih kopinya, 4 AUD segelas (rada unik karena ga pake cangkir, tapi pake gelas kecil).


22 Desember 2014

Hari ini udah ga terlalu banyak kerjaan di kantor. Sepagian aku fokus bikin laporan magang. Siangnya aku makan Subway di City Center, ga bosen-bosen makan roast beef sandwich, 9,5 AUD udah sama minum. Habis makan aku berburu oleh-oleh, lumayan deh habisnya, tinggal bentar lagi di Perth dah hampir cashless, sbenernya bisa aja narik duit di ATM, tapi sayang aja, smoga bisa bertahan sampe pulang. Malemnya ada Agam, diajakin makan di Oporto, take away aja, makan di Aldernay. Peri-peri chickennya mantep banget, ga sampe 10 AUD.


23 Desember 2014

Hari ini di kantor tetep fokus buat laporan magang. Siang makan di Subway lagi. Sore ada serah terima jabatan HOC di kantor. Malemnya aku belanja di Golden Hay supermarket, beli jus, susu, spagetti, kentang, brokoli, sama keju, jadi malem ini aku masak sendiri.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..